Jumat, 17 Juni 2011

Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi dan Balita

Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat, panjang, umur tulang dan keseimbangan tulang.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan.
David Morloy merupakan pelopor yang menggunakan kartu pertumbuhan anak yang disebut "road to health card" pada tahun 1975 di des Imesi, Nigeria. Kartu tersebut disebut dengan KMS (Kartu Menuju Sehat) yang merupakan alat penting untuk memantau tumbuh kembang anak.
Menurut Mortey, pada KMS terdapat 4 patokan sederhana perkembangan psikomotorik, sehingga ibu dapat mengetahui tingkat perkembangan anaknya.
§ Kemampuan duduk (5-9 ½ bulan)
§ Berjalan ± 10 langkah tanpa bantuan (9-18 ¼ bulan)
§ Mengucapkan sepatah kata (10-12 bulan)
§ Kemampuan berbahasa beberapa kata (18 ½ bulan-3 tahun)
Tujuan pemantauan fisik anak adalah:
a. Agar pertumbuhan mudah diamati
b. Menciptakan kebutuhan akan rasa ingin tahu terhadap kebutuhan anak
c. Meningkatkan pertumbuhan yang layak untuk pertumbuhan anak
d. Melukiskan setiap kejadian yang kurang menguntungkan anak
e. Menemukan seawal mungkin gejala-gejala gangguan pertumbuhan
f. Merupakan sarana untuk memberikan penyuluhan kepada ibu:
ü Gizi/makanan bayi dan anak
ü Tumbuh kembang anak
ü Kesehatan anak
ü Imunisasi
ü Keluarga Berencana
ü Pencegahan : deflsiensi vitamin A, dehidrasi akibat diare, sanitasi lingkungan, dll
Tumbuh kembang anak diperiksa diperiksa berdasarkan umur. Yang diperhatikan adalah aktifitas motor anak, bahasa dan adaptasi lingkungannya. Tumbuh kembang anak normal sebagi berikut:
clip_image001[2]Umur satu bulan
ü Refleks moro dapat menghisap, menggenggam positif
ü Bila ditelungkupkan bayi berusaha mengangkat kepala dan kaki bergerak seperti mau merangkak
ü Dalam posisi duduk, punggung bungkuk, kepala tegak sesaat Bayi kebanyakan tidur
ü Bayi diam bila ada suara terkejut bila mendengar bunyi suara vokal (bila menangis)
ü Mata bayi mengikuti objek yang tergantung dibenang yang digoyangkan ke kiri dan ke kanan
clip_image001[3]Umur dua bulan
ü Menendang-nendang dan gerak tangan yang energik
ü Kepala bergoyang bila dalam posisi duduk
ü Bila telungkup, kepala tegak, membentuk sudut 450
ü Tangan dihisap sendiri dan selalu terbuka
ü Mengeluarkan satu suara vokal seperti a-e-u
ü Kepala dan mata mengarah ke suara
ü Mengikuti objek yang bergoyang
ü Gerak ekspresi berjaga-jaga
ü Senyum bila diajak bicara lembut
clip_image001[4]Umur tiga bulan
ü Telungkup, kepala tegak 900
ü Refleks moro dan menggenggam mulai tidak nampak
ü Berguling (3 – 4 bulan)
ü Ketawa kecil, memekik
ü Respon terhadap musik
ü Bersuara a-a, la-la, oo-oo
ü Berusaha menggapai objek tapi tidak tepat
ü Memegang benda dengan erat bila diletakkan di atas tangannya dan menarik baju
ü Mengikuti objek ke samping (1800)
ü Memperhatikan orang dan mainan
ü Senyum spontan
clip_image001[5]Umur empat bulan
ü Dapat duduk dengan bantuan dan berpaling ke arah bunyian
ü Mengangkat kepala sewaktu tengkurap, untuk berupaya duduk
ü Kaki menendang-nendang bila didirikan
ü Tertawa keras (4-5 bulan)
ü Mengucapkan : seperti m-p-b
ü Mengulang suara yang didengar
ü Memegang giring-giring
ü Memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lain
ü Menarik baju ke muka sendiri
ü Senyum spontan ke orang yang dilihat
clip_image001[6]Umur lima bulan
ü Berguling dari satu sisi ke sisi lain
ü Beringsut dari belakang ke depan
ü Tegak bila diangkat dan berpegang bila duduk
ü Berdiri bila di bantu
ü Mengenal suara yang sering di dengar
ü Berhenti menangis bila mendengar nyanyian
ü Memegang benda yang disenangi dan menggapai mainan dengan dua tangan
ü Senyum pada bayangan kaca
ü Memalingkan kepala ke arah suara
ü Senang bermain dengan orang lain
clip_image001[7]Umur enam bulan
ü Tengkurap : Mengangkat kepala spontan
ü Duduk dengan bantuan
ü Beringsut mundur (6-7 bulan)
ü Memegang kaki dan bermain dengan jari kaki
ü Memegang benda kecil (kubus) dengan telapak
ü Bersuara bila melihat kaca
ü Mengucapkan empat jenis bunyi
ü Melokalisasi sumber suara
ü Memasukkan benda kecil ke mulut
ü Curiga terhadap orang atau suara asing
ü Memberi perhatian pada orang atau objek
ü Mempertahankan perhatian bila diambil
ü Mengangkat tangan bila mau diambil
clip_image001[8]Umur delapan bulan
ü Duduk sendiri (6-8 bulan)
ü Mulai melangkah dan mencoba merangkak
ü Bergerak maju mengambil objek
ü Bersuara seperti a-la, a-ba, oo-oo, a-ma, ma-ma, pa-pa (8-10 bulan)
ü Mendengar orang bercakap-cakap dan berterlak untuk menarik perhatian (8-10 bulan)
ü Bergerak mengambil mainan di luar jangkauan
ü Membunyikan lonceng
ü Minum dan cangkir
ü Bermain ci-luk-ba
ü Memperhatikan bayangan di kaca
ü Bermain kertas
ü Makan biskuit sendiri
clip_image001[9]Umur sepuluh bulan
ü Duduk mandiri
ü Berdiri dengan pegangan, merangkak, dan berjalan dengan pegangan
ü Dapat berputar bila diletakkan di atas lantai
ü Menggelengkan kepala manyatakan tidak
ü Melambaikan tangan untuk ucapan selamat (tinggal atau jalan)
ü Memberi respon terhadap panggilan nama sendiri
ü Menyuarakan beberapa ucapan (10-12 bulan)
ü Bermain tepuk tangan
clip_image001[10]Umur dua belas bulan
ü Berdiri sendiri dan berjalan, dengan bantuan atau tangan yang dipegang orang lain
ü Berputar dalam posisi duduk
ü Menggenggam 2 benda kecil di dalam satu tangan
ü Mengucapkan kata dengan arti yang spesiik seperti "mama" untuk Ibu
ü Berbicara kepada mainan
ü Mengoceh bila sendiri
ü Mematuhi perintah yang sederhana seperti "Beri saya cangkir itu"
ü Ikut membantu sendiri bila dipasangkan pakaiannya
ü Bermain dengan cangkir atau sendok
ü Menunjukkan sesuatu dengan jari telunjuk
ü Mencoba mengambil benda kecil dan dalam kotak
ü Memasukkan benda kecil ke mulut
ü Memegang cangkir untuk minum
ü Memperhatikan tulisan
clip_image001[11]Umur lima belas bulan
ü Berdiri sendiri dan memanjat
ü Berlutut di lantai atau di kursi
ü Berjalan dengan keseimbangan badan yang baik
ü Berbicara dengan 4-5 kata
ü Menunjukkan keinginan sesuatu dengan bicara
ü Tahu namanya sendiri
ü Mengangkat cangkir untuk minuman
ü Minum dengan sendok
ü Menunjukkan atau membori mainan kepada seseorang
ü Membanu membuka pakaiannya sendiri
ü Memasukkan benda kecil ke dalam botol tanpa demonstrasi
ü Senang mendorong mainan beroda
clip_image001[12]Umur delapan belas bulan
ü Berlari dan naik tangga dengan pegangan satu tangan
ü Berjalan mundur dan mengangkat kursi Melempar bola
ü Mengucapkan angka 1-10 (18-21 bulan)
ü Menunjukkan sekurang-kurangnya satu bagian tubuh yang ditanyakan
ü Dapat menyebutkan "halo"
ü Menunjukkan benda yang ditawarkan seperti cangkir, sendok, mobil, kursi
ü Membalikkan halaman buku
ü Membawa atau memeluk boneka
ü Mencoret-coret
clip_image001[13]Umur dua puluh satu bulan
ü Berlari dan naik turun tangga dengan pegangan
ü Naik tangga sendiri
ü Menendang bola
ü Bercakap dengan mengucapkan 15-20 kata
ü Mampu mengkombinasikan dua atau tiga kata
ü Minta makan atau minum
ü Memberi bola pada orang lain (ibunya), meletakkan bola ke tempat yang lain
ü Menunjukkan 3-4 bagian tubuh yang ditanyakan
ü Membantu kegiatan rumah yang sederhana (21-24 bulan)
ü Memindahkan pakaian dengan baik
ü Menarik orang lain untuk menunjukkan sesuatu
clip_image001[14]Umur dua puluh empat bulan
ü Berlari tanpa jatuh
ü Mengucapkan sekurang-kurang satu kalimat atau ungkapan 4-5 ungkapan
ü Dapat mengucapkan kembali 5-6 suara konsunan (yang terpilih : m-p-b-h-­w)
ü Menujukkan 4 bagian tubuh yang di tanyakan
ü Menyebutkan benda diatas meja bila di tanyakan
ü Menyebutkan nama sendiri
ü Melempar bola ke dalam kotak
ü Mengambarkan garis vertikal setelah di tunjukan
clip_image001[15]Umur 2,5 tahun
ü Melompat dan mencoba berdiri dengan satu kaki
ü Memegang pensil dengan jari
ü Mencoba jalan berjingkrak
ü Menyebut nama benda sehari-hari
ü Menjawab pertanyaan sederhana sepert "apa ini"?
ü Mendorong mainan yang terarah
ü Menolong membuang sesuatu
ü Memakai pakaian
ü Membasuh dan mengeringkan tangan
ü Makan dengan sendok
ü Mengambar garis horizontal yang dipertunjukan
ü Berupaya mengambar lingkaran yang ditunjukan
clip_image001[16]Umur tiga tahun
ü Berdiri satu kaki sekurang-kurangnya satu detik
ü Melompat dari anak tangga paling bawah
ü Dapat melepaskan dua kancing baju
ü Menaiki sepada roda tiga
ü Mengucapkan kalimat dengan enam kata seperti "saya punya ibu, bapak dan kakak"
ü Menyebutkan tiga atau lebih nama objek di dalarn gambar atau foto
ü Membedakan laki-laki dan perempuan
ü Menyebutkan nama lengkap
ü Menjawab pertanyaan dengan tepat
ü Mengenal sekurang-kurangnya satu warna
ü Dapat menjawab pertanyaan sekurang-kurangnya dengan tiga kata dalam satu kalimat
ü Menguasai 750-1000 kata ( 3-3,5 tahun)
ü Memahami giliran
ü Menyalin gambar lingkaran
ü Berpakaian dengan pengawasan
ü Berbisik
ü Makan sendiri dengan baik
clip_image001[17]Umur empat tahun
ü Berdiri satu kaki lebih kurang 5 detik
ü Melompal sekurang-kurangnya 2 kali dengan satu kaki
ü Dapat mengancingkan baju dan mengikat sepatu
ü Mengulang 10 kata tanpa salah
ü Menghitung tiga objek, dan menunjukannya dengan benar
ü Memahami misalnya : "apa yang diperbuat bila lapar mengantuk dan kedinginan ?"
ü Kalimat spontan, pengucapannya 4 sampai 5 kata Suka mengajukan pertanyaan
ü Memahami kata seperti di atas, di bawah, di belakang, dan sebagainya (letakan benda ini diatas benda)
ü Dapat menunjukan 3-4 warna
ü Berbicara dengan komunikasi yang efektif
ü Mencontoh lukisan/gambar Bermain bersama dengan anak-anak lain
ü Memakai dan membuka pakaian sendiri
ü Mengosok gigi dan membasuh muka
ü Ke toilet sendiri
clip_image001[18]Umur lima tahun
ü Berdiri 1 kaki 8-10 detik
ü Melompat, menggunakan kaki bergantian
ü Menangkap dengan tangan, bola yang dilempar dengan 2-3 kali percobaan
ü Mengetahui umur sendiri Mengenal 4 macam warna
ü Menyebutkan fungsi benda sehari-hari seperti sendok, pensil dan sebagainya
ü Menyebutkan jenis benda
ü Menanyakan arti sesuatu kata
ü Hanya sedikit salah mengucapkan kata
ü Mengambar manusia sekurang-kurangnya menunjukan 6 bagian tuhuh
ü Membawa mainan dengan mainan kereta
ü Bermain dengan pensil berwarna
ü Bermain dalam kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar